Bolehkah Modifikasi Motor Mio Pada Bagian Mesin?

Selain mengubah warna, modifikasi motor mio yang sering kita lakukan adalah mengubah bagian mesin. Mengubah mesin biasanya kita lakukan untuk mendapatkan tarikan motor yang lebih kencang dan stabil. Atau kita bisa saja mengubah setelah mesin motor mio. Tapi sejauh apa kita boleh memodifikasi mesin motor mio?

Untuk menjawab pertanyaan itu, kita wajib menelisik hukum yang tertulis di Undang-Undang lalu litas, tepatnya pada UU No 22 tahun 2009 beserta peraturan pelaksanaanya yaitu PP No. 51 Tahun 2012. Dalam dua aturan tersebut secara terperinci di atur mengenai segala hal berkaitan dengan transportasi. Termasuk mesin sebuah motor jika hendak di modifikasi.

Tidak Boleh Mengubah Mesin Motor

Pada dasarnya modifikasi diperbolehkan selama tidak melanggar batas aturan yang telah ditetapkan. Untuk bagian motor, kita tidak boleh memodifikasinya dengan cara mengganti tipe dan merek mesin dari aslinya. Misalnya kita tidak boleh mengubah mesin motor mio dengan motor vario, beat atau yang lainya. Sebab antara mesin mio dengan mesin vario, beat tidak lah sama antara tipe dan mereknya.

Nah itulah batas jika kita hendak mengubah atau memodifikasi mesin motor mio. Lalu bagaimana jika mesin mengalami kerusakan parah, masihkan tidak boleh diganti?

Modifikasi Mesin Motor Mio Boleh Dilakukan, Asal…

Kita boleh saja memodifikasi motor mio pada bagian mesin dengan jalan mengubahnya asalkan dengan merek dan tipe yang sama. Begitulah yang dijelaskan dalam undang-undang dan aturan hukum lainya. Jadi ketika kamu hendak mengubah mesin motor mio, kamu bisa menggantinya dengan mesin yang lebih baru. Dengan catatan seperti yang dijelaskan tadi.

Selanjutnya kamu juga bisa memodifikasi motor mio pada bagian mesin asalkan motor mio yang kamu modifikasi adalah untuk kepentingan kompetisi semata. Jadi silakan modifikasi agar kamu bisa memenangkan lomba modifikasi. Atau jika kamu ingin memodifikasi, masih bisa kamu lakukan sekalipun kamu mengubah mesinya. Asalkan motor yang kamu gunakan tidak lagi jadi motor transportasi. Tapi jadi motor untuk kebutuhan pameran semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *