4 Minuman Tradisional Khas Indonesia

Indonesia mempunyai beragam minuman tradisional yang menawarkan banyak manfaat, terutama bagi kesehatan tubuh. ada beberapa minuman tradisional yang cukup populer di Indonesia. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang enak dan efek menghangatkan, minuman ini dapat dipercaya sebagai peningkat stamina. Nah pada kesempatan kali ini, saya akan ciba menyampaikan 4 minuman tradisional khas Indonesia.

  1. Bajigur

Bajigur adalah minuman tradisional Indonesia dan tepatnya minuman tradisional Khas Jawa Barat. Bajigur merupakan minuman hangat yang terbuat dari santan, gula aren, garam, dan sedikit jahe. Kadangkala penyajian bajigur ini dicampurkan dengan cangkaleng (kolang-kaling). Biasanya orang Jawa Barat meminum bajigur disaat cuaca dingin.

  1. STMJ

STMJ sendiri diambil dari singkatan susu, telur, madu, jahe. Minuman ini dipercaya sebagai minuman penambah stamina dan dapat mengobati jika kita sedang tidak enak badan. Salain itu, STMJ juga dapat memulihkan kekebalan tubuh dan menghangatkan tubuh.

  1. Wedang Jahe

Minuman ini berupa air jahe hangat, dan sangat tepat dikonsumsi ketika sistem kekebalan tubuh menurun. Minuman ini cocok untuk melawan penyakit flu, selain itu wedang jahe juga dapat membantu menurunkan kolestrol, stroke, dan resiko serangan jantung.

  1. Bandrek

Sama hal nya dengan wedang jahe, bandrek juga terbuat dari jahe, hanya saja ada bahan tambahan seperti kayu manis, cengkeh, pandan, gula, garam, dan sereh. Minuman khas Jawa Barat ini biasa diminum dan dipadukan dengan parutan kelapa muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *